People of the Horse

Tiga tahun yang lalu, saya ditugaskan ke sebuah kabupaten di Bima, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan sempat berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat yang setiap aspek kehidupannya begitu terkait erat dengan kuda.

To them, horses are not only symbol of tradition and means of transportation, but also prized as wealth and a source of pride.

To them, horses are not only symbol of tradition and means of transportation, but also prized as wealth and a source of pride.

Meskipun bertubuh kecil, kuda Bima/Sumbawa ini sudah lama terkenal sebagai jenis kuda yang jinak, bertenaga besar, juga gesit. Lingkungan yang panas dan gersang, menjadikannya tangguh. Bagi masyarakatnya, kuda tidak hanya melambangkan tradisi dan dijadikan sarana transportasi, tapi juga dihargai sebagai kekayaan dan simbol kebanggaan. Sejak abad ke-18, kuda dijadikan tunggangan para raja, bangsawan, serta panglima perang. Meskipun peran kuda kini kian tergerus zaman, di Bima, tradisi balap kuda masih dipertahankan, sehingga eksistensi kuda-kuda sumbawa ini tetap lestari. Yang menarik dari tradisi balap kuda ini adalah para joki memacu kuda tanpa dilengkapi pelana. Tak jarangnya joki-jokinya juga anak-anak ingusan bertubuh mungil, bahkan ada beberapa yang mengaku sudah diajarkan menunggang kuda sejak berusia tiga tahun.

484503_4412144551613_1215777333_n

406255_4412144151603_1139341572_n

376621_4412145191629_788059229_n

fall off the horse

fall off the horse

Kuda Bima/Sumbawa pun tentu mengingatkan kita pada susu kuda liar. Tapi, apakah susunya benar-benar berasal dari kuda liar? Sebenarnya, susu kuda liar ini hanya label, karena kuda-kuda tersebut sudah didomestikasi, hanya saja dibiarkan berlarian bebas tanpa dikurung kandang.

Salah satu ciri khas masyarakat Bima yang berhubungan dengan kuda lain adalah Ben-Hur, moda transportasi ditarik kuda yang menjadi pilihan masyarakat karena dapat mengangkut hampir segala hal. Benhur bisa dibawa melintasi air untuk mengantar penumpang ke kapal, atau mengangkut hasil nelayan untuk dibawa ke pasar ikan, mengantar anak-anak ke sekolah, dan juga berfungsi seperti delman biasanya.

IMG_1886

Benhur

Benhur

Kuda bagi warga Bima merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dalam kehidupan masyarakat. Namun kini, kuda Bima kian terancam, berhubung upaya pelestariannya belum memperlihatkan hasil nyata.

-ESN-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s